Definition List

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru 2016

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwasanya surat lamaran kerja merupakan surat permohonan yang sangat dibutuhkan oleh para pencari kerja, dimana dengan surat ini seorang pelamar dapat memohon kepada sebuah instansi/perusahaan untuk diberikan sebuah pekerjaan untuknya. Diterima tidaknya permohonan yang diajukan tentu sangat bergantung pada surat lamaran kerja yang dibuat. Semakin menarik sebuah surat lamaran kerja yang Anda buat, maka semakin besar pula potensi Anda diterima pada perusahaan/instansi tempat Anda melamar tersebut. Selain menarik, Anda juga harus membuatnya dengan aturan yang benar, karena surat lamaran kerja termasuk surat resmi, sehingga pembuatannya juga harus menggunakan aturan-aturan yang resmi pula. Lalu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja terbaru, menarik, baik dan benar?



Membuat surat lamaran kerja sebenarnya tidaklah sulit, di zaman modern seperti saat ini apapun yang ingin kita ketahui, dengan mudah bisa kita temukan di Internet. Begitu juga halnya dalam menyusun surat lamaran kerja. Ada contoh lamaran kerja yang tersebar di Internet, Anda tinggal memilih yang paling sesuai dengan yang Anda butuhkan dan sedikit melakukan perubahan maka Anda sudah berhasil membuat sebuah surat lamaran kerja untuk kebutuhan melamar pekerjaan. Namun agar tidak salah pilih, berikut ini saya bagikan sedikit kriteria contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Kriteria Contoh Lamaran Kerja Terbaru Menarik dan Benar

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa ada banyak surat lamaran kerja yang tersebar di Internet, maka Anda harus jeli dalam memilih surat yang paling menarik dan benar sesuai dengan ketentuan pembuatan surat resmi. Maka untuk itu, berikut ini saya berikan beberapa kriteria surat lamaran kerja yang menarik, baik dan benar :

>> Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Surat lamaran termasuk surat resmi dan formal, jadi penulisannya harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar pula. Surat yang menggunakan bahasa gaul, sulit dipahami secara umum, atau hanya di mengerti oleh sekelompok orang itu bukan merupakan ciri surat lamaran kerja yang baik.

>> Memiliki struktur yang baku

Sebuah surat resmi yang baik tentu tidak terlepas dari strukturnya yang baku. Hal ini mempunyai arti bahwa strukturnya haruslah berurutan dan lengkap. Adapun struktur atau susunan dari surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

1. Tempat dan tanggal pembuatan surat;
2. Nama dan alamat perusahaan yang dituju;
3. Salam hormat;
4. Kata pengantar;
5. Biodata pribadi (singkat);
6. Pengalaman & kemampuan (jika ada)
7. Harapan
8. Penutup

>> Singkat, padat, jelas, informatif dan tepat sasaran

Kita tahu bahwa setiap perusahaan yang sedang merekrut karyawan/pegawai baru, tentu setiap harinya perusahaan tersebut akan menerima ratusan surat lamaran kerja. Jadi untuk memudahkan pekerjaan mereka, maka surat dibuat dengan singkat, padat dan jelas pastinya.

>> Mencantumkan lampiran

Ciri surat lamaran kerja yang baik dan benar selanjutnya adalah mencantumkan lampiran sebagai pendukung surat lamaran. Adapun lampiran yang dimaksuda adalah seperti :

1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV).
2. Foto copy Ijazah.
3. Foto copy Transkrip Nilai.
4. Foto copy Sertifikat kursus/pelatihan.
5. Pas foto terbaru.
6. Lain-lain yang mungkin ditentukan oleh perusahaan tempat Anda melamar.

Itulah 4 kriteria contoh lamaran kerja terbaru 2016 yang menarik, baik dan benar. Untuk melihat contoh surat lamaran kerja memiliki ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas, berikut telah saya siapkan beberapa contohnya untuk Anda, semoga bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda dalam membuat surat lamaran kerja terbaru guna untuk melamar pekerjaan Anda.


NB : Tunggu 5 detik Lalu Skip Add

Post a Comment

0 Comments